IKA Fikom Unpad Diharapkan Tidak “Tidur” Lagi

Bandung, WARTA BIRU— Pihak Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajdaran (Fikom Unpad) mengadakan acara Pertemuan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fikom. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan persaudaraan, pemilihan ketua IKA Fikom, dan menerima masukan bagi Fikom.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dekan Fikom Unpad Deddy Mulyana di Fikom Unpad, Jatinangor, Sumedang, Minggu (9/11). Ia melanjutkan, “Kemajuan sebuah perguruan tinggi sebenarnya tidak terlepas dari peran dan kiprah alumninya. Ketika para alumni lulus, universitas lebih membutuhkan alumninya daripada sebaliknya.”

Deddy mengungkapkan harapannya, mudah-mudahan kali ini IKA Fikom bisa memunyai program kerja yang rutin. Pertama, mereka  akan membentuk dulu kepengurusan, setelahnya baru dibentuk program kerja. Terutama Fikom Unpad akan menghadapi Dies Natalis ke-50. Hal itu harus dirayakan secara istimewa. Festival budaya dan seminar internasional bisa diselenggarakan lebih besar dan bisa dinikmati umum. Ini harus direncanakan secara matang. Fikom  akan mengundang kedutaan atau lembaga asing.

Ketua IKA Fikom Unpad yang baru terpilih, Gandjar Nugraha mengatakan, dia akan menjalankan amanah bila telah diberi kepercayaan untuk menyandang jabatan ini. Ia akan menjalankan, bukan mensyukuri.

“Saya siap memegang IKA Fikom kalau dibilang nggak siap. Ada sesuatu yang berat buat kita, alumni Fikom tidak terdengar. Saya iri dengan ikatan alumni fakultas lain, alumni Fikom belum pernah dimanfaatkan,” lanjut lulusan Fikom Unpad angkatan ’78 itu.

Rencana Gandjar untuk beberapa tahun ke depan adalah meningkatkan kinerja IKA Fikom agar berkiprah lebih banyak lagi. Selain itu, ia ingin agar nama Fikom Unpad lebih terdengar. IKA akan mengusahakan kontribusi langsung kepada mahasiswa, seperti bertukar pikiran dan memberikan beasiswa.

Hal senada juga disebutkan Deddy Mulyana, “Kita berharap  kita bisa mengundang mereka sebagai dosen tamu dengan topik-topik yang relevan. Selain itu, kita juga Kita berusaha menjembatani antara mahasiswa dan alumni, seperti menyusun database alumni untuk keperluan link kerja.”

Mengenai kepengurusan IKA Fikom Unpad sebelumnya, Gandjar mengatakan, “Kepengurusan yang lalu sempat nggak ada tau antara ada dan tiada. Alumni IKA yang kemarin seperti  tidur saja.”

Salah satu alumni Fikom Unpad, Eddy Kurnia mengatakan hal senada dengan Gandjar, “IKA Fikom sebenarnya sudah ada, tetapi sudah delapan tahun ini vakum. Mekanisme IKA Fikom kali ini ingin lebih melakukan pendekatan kepada para alumni. “

Vice President Public Marketing Public Marketing Communication Telkom itu melanjutkan, program yang harus difokuskan di antaranya pembinaan alumni agar bisa saling berbagi dan terjadi sinergisitas.

Pihak fakultas menekankan akan adanya peningkatan pelayanan bagi mahasiswa lewat integritas, intelektualitas, dan sosiabilitas. Mahasiswa diharapkan bisa  menjadi orang-orang yang jujur, berhati mulia, dan punya komintmen. Pintar saja tidak cukup, mahasiswa juga harus berkarya bagi lingkungan sekitar dan linkungan sosial.

“Mahasiswa harus proaktif ke fakultas agar alumni sering tampil. Dan fakultas harus menyambut dengan baik keinginan mahasiswa itu,” kata Eddy.

Selama ini selalu ada stereotipe bahwa jika fakultas menghubungi alumni, maka hanya urusan mencari dana saja. Baik alumni, fakultas, dan mahasiswa harus menghilangkan stereotipe itu,ujar Deddy.

Ketua panitia pertemuan IKA Fikom Unpad, Aceng Abdullah berpendapat lain mengenai tujuan IKA Fikom ini, “Ini hanya pemanasan saja untuk Dies Natalis ke-50. Tahun ini hanya bikin acara donor darah, kuliah umum, dan open house. Hari ini (9/11) akan ada pemilihan IKA Fikom yang baru.”

Ketika ditanya mengapa acara yang diselenggarakan di area Fikom Unpad tersebut terkesan kosong, Aceng menjawab, alumni juga punya kegiatan, tidak selamanya waktu mereka kosong. Pengumunan acara ini sudah dilakukan lewat milis fikom, milis tiap angkatan, milis unpad, dan diumumkan di Pikiran Rakyat. Pengumumannya sendiri berlangsung selama dua minggu.

“Sebenarnya pertemuan ini akan dihadiri Ketua IKA pusat, tetapi dia sedang sakit leukemia,” lanjut Aceng. (Tys)

9 November 2009

One Comment Add yours

  1. setuju kiprah harus banyak kontribusi buat kampus tercinta Fikom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s