Pemerintah Indonesia Cepat Respon Gempa Haiti*

 Jakarta, 25/1 Pemerintah Indonesia menyatakan pegiriman bantuan pemerintah dan rakyat untuk korban gempa di Haiti merupakan respon cepat karena Indonesia berpengalaman mendapatkan bencana dan hal itu merupakan kewajiban sebagai warga dunia untuk membantu negara yang terkena musibah.

Menko Kesra Agung Laksono mendapat instruksi dari presiden untuk menangani pengiriman bantuan tersebut. Pihaknya telah mempersiapkan tim dan bantuan untuk dikirimkan ke Haiti. Hal itu disebutkan Menko Kesra melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif melepas tim dan bantuan yang akan dikirim pada hari Jumat (15/01), pukul 15,00. Pesawat jenis Boeing 747 pun disiapkan untuk mengangkut tim dan bantuan ini. Tim sementara ini akan bertugas selama 14 hari.

“Yang penting, segera kita berangkatkan mereka ke sana, karena para korban menunggu uluran tangan dari warga dunia,” kata Agung Laksono.

Tim yang dikirimkan terdiri dari 30 orang gabungan dokter bedah, anestesi, dan paramedis; 20 anggota tim SAR, 13 anggota tim logistik, lima tim komunikasi, lima tim komando, dan dua orang utusan Deplu. Bantuan yang diberikan antara lain dua unit instalasi penjernihan air, empat ton obat-obatan, 10 ton makanan siap saji, dan 15 unit tenda besar.

Gempa bumi dasyat yang terjadi di Haiti pada Selasa (12/1) hingga kini tercatat menewaskan 100,000 jiwa. Tiga orang warga negara Indonesia diketahui berada di Haiti ketika bencana terjadi. Namun, nasib mereka belum diketahui.

“Kami, melalui pihak Deplu, menginstruksikan untuk dilakukan pencarian,” imbuh Agung.

*) Latihan nulis untuk Antara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s