MUSISI JAVA JAZZ PUJI MUSIK TRADISIONAL GAMELAN

 

Steve Thornton

Jakarta, 8/3 (ANTARA)-Musisi yang sempat tampil dalam acara Java Jazz, Jimmy Haslip dan Steve Thornton, memuji musik tradisional gamelan dan mencoba memainkan beberapa alat musik bersama seniman dalam negeri, saat mengunjungi RRI, di Jakarta, Senin.

“Alat musik tradisional gamelan sangat bagus. Ini bukan kali pertama saya mendengar musik gamelan, tapi ini kali pertama saya dapat berbagi informasi tentang gamelan dengan begitu dekatnya. Suara yang diperdengarkan dari alat-alat gamelan sangat enak untuk didengarkan,” kata Jimmy Haslip yang merupakan pemain bass Yellow Jackets.

Jimmy mengakui dirinya sering mendapatkan inspirasi ketika mendengarkan jenis musik tradisional, dan gamelan salah satunya. Yellow Jackets pun pernah membuat permainan instrumen yang diinspirasi dari gamelan.

Dalam kesempatan tersebut, baik Jimmy sempat memainkan alat musik gambang, sambil didampingi oleh musisi tanah air Dwiki Darmawan.

“Saya tadi sempat bermain salah satu alat musik, dan saya merasa tidak begitu bagus memainkannya. Gamelan itu menurut saya adalah alat musik yang sangat kuno, mendengarkan musiknya bisa merasuk hingga ke jiwa,” tutur Jimmy.

Senada dengan Jimmy, Steve yang merupakan seorang mantan pemain perkusi Miles Davis berpendapat, dalam gamelan ia menemukan struktur harmoni, sama halnya ketika ia mendengarkan musik latin.

“Gamelan memiliki suara yang sangat memukau saya,” kata Steve.

Tidak kalah dengan Jimmy, Steve terlihat sangat antusias ketika memainkan alat musik bonang. Tanpa arahan Dwiki atau seniman lainnya, Steve berinisiatif untuk mencoba ritme baru dalam bermain bonang.

Selain bonang, Steve juga menjajal alat musik kendang. Dengan sekali arahan, Steve tampak mahir memukul kendang sehingga membuat para seniman Indonesia bertepuk tangan untuknya.

Kolaborasi Gamelan dan Jazz

Ketika disinggung mengenai kolaborasi musik jazz dan gamelan, baik Jimmy dan Steve berpendapat hal itu mungkin saja terjadi.

“Dalam masa depan, adanya kolaborasi antara jazz dan gamlen sangat mungkin terjadi,” kata Jimmy.

Steve menambahkan, kombinasi antara berbagai alat musik bisa memunculkan satu jenis musik. Misalkan dengan memadukan keyboard dan alat musik tradisional. Perpduan gamelan dengan jazz juga mungkin terjadi.

“Musik membawa kebersamaan bagi semua orang di dunia. Siapa saja bisa mengapresiasi musik tanpa harus mengenal bahasa. Bagi saya, musik itu mengubah hidup saya,” tutur Steve.

Kedua musisi asing ini bukan kali pertama bermain musik di Indonesia. Mereka mengakui sangat menyukai budaya dan masyarakat Indonesia.

“Ketika pertama kali saya megunjungi Indonesia, saya sangat terkesan dengan orang Indonesia karena sangat bersahabat dan menyambut kami dengan hangat,” ungkap Jimmy.

Ini kali kelima Jimmy mengunjungi Jakarta. Ia jugapernah ke Surabaya, Bandung, dan Medan. Jimmy melihat bahwa Indonesia adalah negara yang indah dan memiliki keragaman budaya yang memesona.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Steve. Menurutnya, penonton di Indonesia menyalurkan banyak energi padanya ketika ia bermain di atas panggung dengan sambutan luar biasa.

“Ketika saya tampil di Indonesia, sambutan penonton selalu heboh. Saya suka suara penonton yang berteriak dan saya menikmatinya dari atas panggung,” kata Steve.

Sementara itu, Dwiki Darmawan berpendapat Mmsik adalah salah satu alat komunikasi dengan dunia untuk menyampaikan pesan-pesan damai. Ia percaya bahwa musik akan mempermudah kehidupan.

“Musik yang baik akan memberikan hal yang positif untuk kehidupan manusia. Itu yang terjadi dengan Java Jazza kemarin. Banyak musik yang baik di situ sehingga banyak energi positif disalurkan,” tutur Dwiki.

m.pps

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s