TINDAKAN MARZUKI ALI DINILAI RUGIKAN DEMOKRAT

Jakarta, 5/3 -Politisi dan pakar hukum menilai, tindakan penutupan Sidang Paripurna secara tiba-tiba oleh Marzuki Ali akan merugikan Partai Demokrat (PD), sebab sikap arogansi tersebut bisa menjadikan PD sebagai musuh bersama.

“Seandainya Marzuki Ali (Ketua DPR) tidak menutup rapat secara tiba-tiba ada kemungkinan PPP akan mendukung penuh Demokrat,” kata anggota DPD RI Provinsi DKI Jakarta Dani Anwar, di Jakarta, Jumat.

Selanjutnya, tutur Dani Anwar, sikap arogansi tersebut bisa mempengaruhi sikap partai politik lain selanjutnya. Sementara itu, mantan anggota DPR Ferry Musidan menyayangkan tidak adanya anggota Fraksi PD yang membela Marzuki Ali yang saat itu dalam posisi terpojok.

“Kok tidak ada yang membela Ketua Dewan, bahkan dari partainya sendiri,” kata Ferry Musidan.

Baik Dani maupun Ferry berpendapat, seharusnya Sidang Paripurna itu diselesaikan pada hari pertama. Hari kedua diadakan hanya sebagai cadangan. Dengan demikian, munkin PPP akan bisa memberikan dukungan penuh karena melihat kemauan PD untuk menuntaskan sidang.

Seharusnya, kata Ferry, dalam Sidang Paripurna sudah tidak ada lagi penyampaian pendapat dari fraksi-fraksi. Sidang Paripurna bisa menganulir pansus, apalagi jika sudah memenuhi quorum.

“Waktu dua hari itu diperlukan untuk mengadakan lobi-lobi politik,” kata Ferry.

(m.pps)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s