TNI-POLRI BERLATIH TANGGULANGI TEROR DI TEPI PANTAI

Jakarta, 13/3 (ANTARA) – TNI dan Polri mengadakan latihan bersama penanggulangan teror 2010, Sabtu pagi, dengan skenario terjadi aksi terorisme di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara yang berada di tepi pantai.

Skenario teror yang terjadi di Hotel Mercure dimulai ketika  teroris bersenjata lengkap pelaku menyandera manajer hotel dan beberapa pejabat negara yang tengah mengadakan rapat.

Teroris  mengajukan tuntutan pada pemerintah sehingga dilakukan negosiasi terjadi hingga pukul 23.00 WIB.

Keesokan harinya (Sabtu), Komandan Intai Amfibi (Taifib) Marinir bersiap untuk bergerak ke sasaran, yakni Hotel Mercure yang telah dikuasai teroris.

Karena Hotel Mercure berada di tepi pantai, Taifib Marinir merencanakan operasi pembebasan sandera dengan melakukan serangan dadakan dari tiga arah berbeda, yaitu dari arah laut, udara, dan darat.

Dalam skenario, pada pukul 08.00 WIB Taifib Marinir langsung mengadakan penyerbuan ke dalam hotel. Serbuan ini diceritakan sempat mendapatkan perlawanan dari pihak teroris sehingga terjadi baku tembak, namun berhasil dimenangkan Marinir.

Saat baku tembak selesai, terdapat sebuah bom di ruang rapat sehingga Marinir meminta Tim Gegana untuk datang ke Hotel Mercure. Para sandera pun segera dievakuasi dengan menggunakan helikopter dengan teknik stabo maupun menggunaka sea reader.

“Tujuan dari latihan satuan kewilayahan dan satuan anti-teror yang ada di TNI dan Polri untuk menanggulangi terorisme. Kami berlatih bersama agar kemudian kami siap untuk menanggulangi terorisme,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Rudy Sufahriadi, usai melihat latihan bersama penanggulangan teror itu.

Menurut Rudy Sufahriadi, pelatihan ini boleh saja dikaitkan dengan rencana kedatangan Presiden AS Barrack Obama ke Indonesia, namun TNI dan Polri mengantisipasi seluruh keadaan yang mungkin terjadi.

Pihak yang berpartisipasi dalam pelatihan ini, kata Rudy, selain TNI dan Polri, terdapat juga pihak keamanan hotel, pihak keamanan Ancol, dan Pemerintah Daerah Jakarta Utara.

“Pelatihan seperti ini akan diadakan setiap tahun. Dengan pelatihan ini, kami ingin memberitahukan, beginilah tata cara penanggulangan terorisme,” kata.

Pada skenario itu kasus terorisme di Hotel Mercure bersamaan terjadi dengan lima kasus serupa di tempat lain, sehingga Polri meminta bantuan pada TNI untuk penganggulangan teror ini.

“Skenarionya semua penindak dari Polri sudah habis dipakai di tempat lain. Maka, kami meminta bantuan TNI untuk di Hotel Mercure ini,” ujar Rudy.

Sebelumnya Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso meninjau pelaksanaan Latihan Gabungan Antiteror TNI/Polri di Hotel Borobudur, salah satu lokasi Latgab dari lima lokasi yang disiapkan untuk latihan gabungan tersebut.

Kapolri mengemukakan, latihan gabungan ini mengambil tema “Melalui Latihan Bersama Penanggulangan Teror TNI-Polri Secara Profesional Siap Menghadapi Setiap Bentuk Menghadapi Setiap Bentuk Serangan Teror Yang Berpotensi Mengganggu Stabilitas Nasional”.

Latihan gabungan kali kedua itu diikuti sekitar 3.559 personil dari TNI dan Polri juga digelar berbagai peralatan dari TNI dan Polri.

Kegiatan itu,  melibatkan  Satuan 81 Penanggulangan Teror Komando Pasukan Khusus (Gultor Kopassus) TNI Angkatan Darat, Detasemen Jala Mangkara (Den Jaka) TNI Angkatan Laut, Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut, Detasemen Bravo TNI Angkatan Udara, dan Detasemen Khusus 88 Antiteror Kepolisian RI.

Kegiatan akan diawali dengan latihan tanpa pasukan  (geladi posko) selama dua mulai Kamis hingga Jumat (12/3), dilanjutkan geladi lapang yakni latihan dengan pasukan pada 13 Maret 2010  di beberapa obyek vital yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Geladi lapang dilakukan serentak di enam lokasi yakni Hotel Borobudur, Hotel Mercure Ancol, Bursa Efek Jakarta, lepas pantai Tanjung Priok, kilang minyak di Kepulauan Seribu dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s