Bedakan Bahaya Sinar UVB & UVA

Kadang perempuan suka memakai krim tabir surya yang memiliki Sun Protector Factor (SPF) tinggi, pdhl SPF tinggi tak diperlukan oleh perempuan Asia. Asumsinya, semakin besar SPF, maka makin melindungi kulit dari terpaan sinar matahari.

Tidak seperti kulit perempuan kaukasia yang memerlukan krim ber-SPF tinggi, kulit perempuan Asia tidak seperti itu. SPF 17 saja sudah cukup bagi perempuan Asia. Itu disebabkan butir-butir pigmen melanin Asia lebih banyak dari kulit kaukasia, sehingga secara alami sudah memiliki perlindungan terhadap sinar UV.

Tahukah Anda bahwa sinar UV terbagi menjadi UVA dan UVB? Sinar UVB menembus lapisan kulit ari (epidersmis) dan UVB menembus lapisan kulit jangat (dermis). Sinar UVB menyebabkan kulit terbakar (sunburn). Sedangkan UVA berakibat lebih fatal lagi, yaitu hiperpigmentasi dan penuaan dini.

SPF hanya melindungi kulit dari terpaan sinar UVB. Padahal terpaan sinar UVA lebih berbahaya, menyebabkan early aging, wajah terlihat lebih tua. Parahnya lagi, UVA tidak hanya merusak kulit dan menyebabkan kanker kulit, tapi juga menyerang sistem tubuh. Radikal bebas yg disebarkan UVA beredar di seluruh tubuh dan menyebabkan kanker payudara, kanker serviks, serta membuat penyakit kian parah.

Intensitas matahari yang tinggi membuat perempuan Indonesia membutuhkan krim yang bs memberi perlindungan total dari UVA dan UVB. Tabir surya yang dibutuhkan perempuan Indonesia adalah tabir surya yang berspektrum luas, yang dapat menyaring UVB dan menangkal UVA.

*Dirangkum setelah membaca salah satu info di Kompas Female.

Posted with WordPress for BlackBerry.

One Comment Add yours

  1. nice post🙂 ijin kunjung ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s