Indahnya Pantai Tanjung Tinggi dan Pulau Lengkuas, Belitung

Masih di sekitar Sumatera, kali ini saya mau berbagi cerita tentang liburan saya ke Belitung. Bagi pecinta pantai, snorkeling, dan ketenangan, liburan ke Belitung layak dicoba. Belitung masih jauh dari hedonisme sehingga kita bisa menikmati pemandangan laut, laut, dan laut.

Hari pertama tiba di Belitung, saya dan kawan-kawan langsung menuju pantai Tanjung Tinggi. Kata orang, di sanalah tempat syuting Laskar Pelangi. Warna lautnya biru-kehijauan dan relatif dangkal. Pantai ini cocok sekali untuk berenang karena banyak bebatuan raksasa yang menahan ombak agar tidak terlalu besar di tepi pantai.

image
Batu-Batu Besar di Pantai Tanjung Tinggi

Bayangkan saya sudah berenang beberapa meter dari tepi pantai – tanpa menggunakan pelampung, namun saya masih bisa menapakkan kaki di dasarnya. Pantai Tanjung Tinggi membuat orang-orang betah berlama-lama berdiam diri di situ hingga matahari nyaris tenggelam.

Saya dan teman-teman meski kami sudah basah kuyup, tetap nekat naik ke batu sambil menunggu matahari tenggelam. Sayangnya baterai kamera sudah habis sehingga tidak bisa mengambil gambar matahari terbenam.

image
Bergaya di Antara Batu
image
Kita Bisa Berteduh di Bawah Batu

Keesokan harinya kami berkeliling pulau-pulau kecil Belitung. Ada satu pulau yang menarik minat saya, yakni Pulau Lengkuas! Di pulau ini berdiri mercusuar yang sudah tidak dipakai lagi. Dari atasnya kita bisa melihat keindahan perairan Belitung. Namun untuk menuju ke atasnya, kita harus menaiki ratusan anak tangga yang setara 15 lantai gedung bertingkat.

image
Mercusuar di Pulau Lengkuas
image
Pemandangan dari Puncak Mercusuar
image
Semua Serba Biru
image
Bagian Belakang Mercusuar yang Belum Banyak Pedagang

Untuk mengunjungi Belitung, lebih baik traveller memakai jasa tur karena di sana angkutan umum tidak ada dan penyewaan mobil pun terbatas. Saya memakai jasa tur Wisata Kita, hanya perlu membayar Rp 1,2 juta untuk 4 hari 3 malam (sudah include penginapan, mobil + driver + bensin, makan, sewa perahu, dan sewa alat-alay snirkeling).

Next time saya posting tempat lain di Belitung ya. Salam!

Leave a Reply

