Menikmati Keindahan Gunung Fuji dari Danau Kawaguchiko

The Mountain which is standing alone. Ya, di antara sekian banyak gunung yang berjajar di dataran Jepang, Fuji-san hanya berdiri sendirian, begitu megah dan begitu indah, terutama manakala puncaknya tertutupi es. Itulah yang membuat gunung yang satu ini menjadi icon Jepang dan sangat terkenal hingga masuk ke dalam kategori Unesco the world heritage.

Gunung Fuji dikelilingi oleh lima danau. Danau yang terbesar adalah Danau Kawaguchiko. Bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi kaki Fuji-san, ada baiknya Anda datang ke area Kawaguchiko.

Musim yang paling tepat mengunjungi Kawaguchiko adalah spring season atau musim semi, di mana meski udara masih dingin namun Anda masih bisa melihat bunga Sakura bermekaran di mana-mana. Selain itu, salju di puncak Fuji-san saat musim semi juga masih ada. Musim lain yang patut dipertimbangkan untuk mengunjungi Fuji-san adalah autumn season atau musim gugur.

Perjalanan ke Kawaguchiko bisa melalui kereta atau bus. Ada highland bus yang berangkat dari Tokyo Station, Shinjuku Station, Kyoto Station, dan lain-lain. Anda juga bisa naik kereta dari Tokyo menuju JR Otsuki Station. Setelah itu, disambung dengan Fujikyu Railway (private railway) ke Kawaguchiko Station.

 

Kawaguchiko Station Dilatarbelakangi Gunung Fuji
 
 Banyak wisatawan yang hanya melakukan tur satu hari di Kawaguchiko. Namun, sebenarnya menikmati keindahan area Kawaguchiko tidak cukup hanya satu hari. Sangat disarankan untuk menginap setidaknya satu malam di sini. Perlu diketahui, aktivitas di area ini berhenti di pukul 19.00. Namun, ada 7/11 dan Lawson yang buka 24 jam.

Cara terbaik untuk mengeksplor area Kawaguchiko adalah dengan membeli tiket terusan Retro Red Line Bus ( 1 day pass or 2 pass). Bus ini akan mengantar Anda ke tempat-tempat wisata terkenal di Kawaguchiko. Anda bebas naik dan turun di halte-halte yang dilewati Retro Red Line Bus.

Namun, tidak semua tempat wisata di Kawaguchiko perlu dikunjungi. Salah satu tempat dengan pemandangan Gunung Fuji terbaik adalah dengan naik ke Mt. Tenjo melalui Kachi-Kachi Ropeway yang bisa ditempuh dengan jalan kaki 800 meter dari Kawaguchiko Station. Harga masuk Kachi-Kachi Ropeway pada April 2016 adalah JPY 800 per orang.

Berdekatan dengan dengan Kachi-Kachi Ropeway terdapat pier Sight Seeing Boat atau disebut juga Pleasure Boat. Dengan menaiki boat ini, wisatawan akan dibawa ke seberang Danau Kawaguchiko agar bisa melihat pemandangan Gunung Fuji. 

Pemandangan dari Kachi-Kachi Ropeway
 
Menjelang sore hari antara pukul 16.00-17.00 adalah waktu yang tepat untuk bersantai menikmati semilir angin di tepi Danau Kawaguchiko. Di tepi Danau Kawaguchiko yang dekat dengan pier Pleasure Boat, Anda akan menemukan karang yang menjorok ke danau. Di atasnya terdapat beberapa tempat duduk. Tempat itu relatif sepi pada pukul 16.00-17.00 karena wisatawan lainnya masih sibuk dengan hopping tempat wisata di area Kawaguchiko. 

 

Lake Kawaguchiko
 
Damai rasanya ketika kita meluangkan waktu dengan duduk di tepi danau dan benar-benar menikmati keindahan danau. Pada waktu musim semi di pertengahan April, bila Anda berjalan ke arah Lake Kawaguchiko Hotel (tak jauh dari karang yang menjorok ke danau tadi), Anda akan menemukan jalan yang salah satu sisinya ditanami banyak pohon Sakura. Pemandangan di tempat itu sungguh sangat menakjubkan.

Bunga Sakura di Tepi Danau Kawaguchiko
 
Tempat wisata lain yang bisa dikunjungi adalah Chureito Pagoda. Pada musim semi pertengahan April 2016, Sakura sedang full bloom di sini. Sebelum jam 07.30 saja sudah banyak fotografer memadati Chureito Pagoda. Wajar saja banyak fotografer di sana karena terdapat spot di mana mereka bisa mengambil gambar Chureito Pagoda dan Sakura yang dilatarbelakangi Gunung Fuji.

Chureito Pagoda tidak termasuk jalur yang dilewati Retro Red Line Bus. Menuju ke sana, wisatawan perlu naik kereta dari Kawaguchiko Station ke Shimoyosida Station sekitar 13-15 menit. Saat keluar dari Shinoyosida, Anda tak perlu khawatir akan tersesat karena ada bendera yang ditancapkan di tanah sebagai penanda jalur yang harus ditempuh ke Chureito Pagoda.

 Edit   
Saat musim semi di bulan April, ada spot lainnya di mana wisatawan bisa menikmati keindahan bunga Sakura, yakni Oshino-Hakkai. Untuk menuju ke sana, Anda hanya perlu membeli tiket bus ke Gotemba. Halte Oshino-Hakkai akan dilewati bus yang menuju Gotemba tersebut.

Bila Anda kebetulan mengunjungi Kawaguchiko dan bunga Sakura sudah rontok, ada cara lain untuk mengobati kekecewaan Anda. Dari pertengahan April hingga akhir Mei akan ada Shibasakura Festival di mana akan terdapat banyak bunga phlox moss berwarna pink di kaki Gunung Fuji. 

Untuk menuju ke Shibasakura Festival wisatawan hanya perlu membeli tiket round trip bus Shibasakura Liner. Biasanya di kantor tiket juga menawarkan paket entrance fee dan round trip.

Bagi wisatawan yang gemar memacu adrenalin, di Kawaguchiko terdapat theme park bernama Fujikyu Highland. Taman bermain itu terkenal karena terdapat roller coaster yang lintasannya panjang, berputar-putar dan sangat tinggi. Menuju Fujikyu Highland hanya memerlukan waktu sekitar lima menit dengan kereta dari Kawaguchiko Station.

Bagi Anda yang akan berlibur ke Jepang, ada baiknya mempertimbangkan untuk mengunjungi Kawaguchiko area. Selamat berlibur! 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s